Ciri ciri Glaukoma Konegnitar Primer pada Bayi

Sumber gambar:motherandbaby.co.id

Hasil gambar untuk bayi terkena glaukoma

Apakah bisa glaukoma terkena pada bayi ? ternyata bisa kongenitar primer adalah salah satu jenis glaukoma yang menyerang pada bayi . Kenalilah ciri ciri glaukoma konegnitar pada bayi agar anda bisa waspada tanda tanda glaukoma untuk anak anda. Glaukoma kongenital primer atau primary congenital glaucoma (PCG) adalah penyakit dimana ada tekanan cairan tinggi pada mata yang akan merusak saraf optic . banyak kasus bayi yang di diagnosis saat bayi berusia satu tahun ke dewasa. PCG ditandai dengan tidak normalnya jalur drainase mata . Cairan bening yang disebut aqueous humor terus menerus mengalir didalam mataa lalu area bagian bekang iris kemudian saringan anyaman trabecular , lalu disalurkan kembali ke aliran darah . Karena anyaman trabecular menyebabkan menghasilkan tekanan tinggi di dalam mata merupakan ciri ciri glaukoma. Peningkatan tekanan ini dapat berujung pada kerusakan saraf optic yang menyebabkan glaukoma . Dilansir hellosehat , penyakit ini sering menjangkit bayi yang baru lahir hingga 3 tahun karena ciri ciri glaukoma baru terlihat .Glaukoma kongenital ditemukan pada satu dari setiap 10.000 bayi . kasus ini mengakibatkan glaukoma yang penyebab kebutaan . Penyebab glaukoma kongenital primer belum diketahui secara pasti , beberapa kasus merupakan kondisi keturunan yang lain tidak . apabila sel dan jaringan mata bayi tidak tumbuh dan berkembang sewajarnya di dalam kandungan , bayi mungkin memiliki masalah drainase mata setelah ia lahir . Terdapat tiga ciri glaukoma kongenital primer : 

  • Kejang kelopak mata (blepharospasm)
  • Sensitivitas pada cahaya silau (photophobia)
  • Keluar air mata berlebihan (epifora)

Apabila bayi atau anak kecil mengalami gejala – gejala tersebut lebih baik segera hubungi dokter dan mencari perawatan medis sesegera mungkin . 

Apa yang membuat bayi beresiko terkena glaukoma kongenital primer ? apabila anak pertama dan kedua anda memiliki penyakit ini . Kemungkinan besar setelahnya juga akan memiliki penyakit yang sama . dan setelahnya juga akan memiliki penyakit yang sama dan begitu seterusnya itu karena orang tua dengan riwayat keluarga yang memiliki kondisi ini lebih beresiko melahirkan bayi dengan glaukoma kongenital . Pada kondisi ini juga Bayi laki laki lebih rentan daripada bayi perempuan . Bagaimana cara mengobati glaukoma pada bayi jika sudah terlanjur terkena glaukoma kongenital primer ? Pertama bawalah ke dokter untuk diperiksa dan penanganan yang lebih lanjut , Dokter akan memeriksa apakah glaukoma yang diderita bayi ada pada satu mata atau dua mata . Lalu dokter akan memberikan resep obat tetes mata , obat minum atau kombinasi dari dua cara pengobatan tersebut untuk memantau tekanan cairan yang ada di mata si bayi , Sebenarnya penanganan glaukoma yang terbaik adalah operasi tetapi karena penderita masih bayi dokter terlalu beresiko untuk membius bayi sehingga dokter tidak bisa melakukan operasi yang sangat beresiko tersebut . Tindakan lain yang baisanya dilakukan dokter secara umum dalam mengobati glukoma adalah melakukan prodesur kecil maksudnya mereka menggunakan alat alat kecil untuk membuka saluran drainase untuk cairan berlebih yang ada pada mata terkadang dokter juga berusaha memasang sebuah katup atau pipa kecil agar cairan bisa keliar dari mata . 

Jika semua metode diatas tidak bekerja dokter dapat melakukan operasi laser dan menghancurkan bagian yang memproduksi cairan pada mata serta meresepkan obat untuk membantu mengontrol  tekanan mata kita pasca operasi tetepai tetap untuk byi pengobatan hanya boleh bentuk obat , pengobatan operasi dan laser terlalu beresiko .

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*