Jenis-jenis Ayam Broiler

Kebanyakan orang mungkin tidak tahu dengan ayam broiler. Ayam tersebut merupakan salah satu jenis ras yang dipelihara dengan tujuan untuk diambil dagingnya. Kemudian ayam tersebut memiliki ciri dengan pertumbuhannya yang pesat. Bahkan, dalam 40 hari saja sudah bisa dipanen.

Selain itu, ayam tersebut juga dipercaya sebagai hasil domestikasi dari ayam hutam. Maka dari itu, banyak yang menyebut ayam tersebut sebagai Gallus gallus domesticus. Daging ini juga dikenal dengan dagingnya yang empuk dan mudah diolah. Akan tetapi, daging akan hancur apabila merebusnya terlalu lama.

Datang ke Indonesia

Ayam broiler sendiri pertama kali dibudidayakan pada tahun 1950-an di Indonesia. Akan tetapi, ayam tersebut mulai populer pada tahun 1980-an.

Kemudian pemerintah sangat gencar mempromosikan ayam tersebut pada tahun 1981. Hal ini bertujuan untuk mengejar kebutuhan protein masyarakat Indonesia. Dengan harga yang relatif murah, ayam tersebut kemudian mulai diterima oleh masyarakat.

Bahkan saat ini, budidaya ayam tersebut sudah merambah pada bisnis kemitraan. Sebagian besar industri besar ternama sudah menyediakan mulai dari bibit, pakan, vitamin, dan obat-obatan, bahkan hingga pemasaran. Kemudian pada peternak, mereka hanya fokus pada pembesaran saja.

Jenis-jenis ayam broiler

Dengan seiring teknologi penyilangan serta genetika dalam menghasilkan ayam tersebut dinilai cukup dinamis. Bahkan dalam waktu ke waktu, jenis ayam ini terus mengalami peningkatan kualitas. Berikut jenis-jenis strain ayam yang paling dibudidyakan di Indonesia ?

Cobb

Jenis strain cobb ini telah dikembangkan hingga lebih dari 60 negara. Kemudian pada jenis ini mempunyai fokus dalam pengembangan untuk memperbaiki performa rasio pakan atau Food Convertion Ration. Selain itu, jenis ayam ini lebih memprioritaskan pembentukan daging dada.

Ross

Ayam pada jenis ini memiliki pertumbuhan cepat dan daya tahan hidup yang lebih baik. Selain itu, strain ross juga dikembangkan untuk mempunyai FCR yang efisien. Pengembangan pada genetik ini bertujuan untuk membuat kaki kuat supaya bisa menopang badan.

Hybro

Jenis ayam ini difokuskan untuk mengembangkan ketahanan daya hidup dan genetiknya pada hasil karkas. Performa ayam ini cocok di daerah tropis dan mempunyai ketahanan terhadap penyakit ascites.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*